Rabu, 13 Oktober 2010

Tambah Gagah, Makin Maskulin – Investor Daily

Toyota New Rush Tambah Gagah, Makin Maskulin

Oleh Kunradus Aliandu
Siapa tak kenal Toyota Rush? Sejak diluncurkan empat tahun silam, mobil ini membabat lebih dari separuh pasar premium sport utility vehicle (SUV) di Tanah Air. Kini, Toyota kembali meluncurkan si gagah itu dalam versi barunya, New Rush. Benarkah tunggangan ini lebih sporty dan maskulin dibanding pendahulunya?

Sekadar menyegarkan ingatan, PT Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia, meluncurkan Rush pertama kali pada 2007. Tak lama setelah itu, Toyota Rush langsung naik daun.

Berbagai penghargaan bergengsi pun disabet mobil ini. Selama tiga tahun berturut-turut, misalnya, Toyota Rush dianugerahi JD Power Asia Pasific Indonesia Initial Quality Survey (IQS).

Tak pelak, Toyota Rush menjadi salah satu pemain utama pasar premium SUV nasional. Bahkan, mobil ini menguasai 52% pangsa pasar premium SUV di Tanah Air.

Rupanya, permintaan terhadap mobil berjuluk The Most Valueable Real Medium SUV ini terus membludak. Alhasil, TAM kewalahan. “Demand-nya ternyata lebih tinggi daripada supply,” tutur Johnny Darmawan, presiden direktur TAM, kepada Investor Daily di Jakarta, baru-baru ini.

Itu pula yang mendorong Toyota kembali merilis kendaraan yang satu itu dalam versi anyar, New Rush. Tentu saja banyak tampilan berbeda pada New Rush dibanding versi lamanya.

Sporty dan Tangguh
Untuk mengedepankan karakter kendaraan bagi mereka yang aktif, New Rush tampil semakin sporty dan tangguh. Kesan itu ditonjolkan melalui beberapa sentuhan pada eksterior dan interior.

Pada eksterior, desain radiator grille depan New Rush dipermak, sehingga memberikan kesan lebih agresif. Bumper belakang juga dibuat polos. Itu menambah kesan lebih tegas, lebar, dan stabil.

Kecuali itu, new side visor didesain secara istimewa untuk melindungi keempat kaca pintu, sekaligus menghalau terpaan air hujan dari samping. Lampu utama juga dilengkapi proyektor yang lebih terang. Alhasil, pemandangan menjadi lebih jelas saat berkendara dalam keadaan gelap.

Nah, di bagian interior, Toyota melakukan sejumlah perbaikan otomatisasi. Control audio player, misalnya, menjadi lebih mudah dioperasikan hanya dengan sentuhan jari di kemudi. Ada pula tambahan metal ring guna memberikan estetika tersendiri.

Selain itu, panel instrument New Rush dilengkapi berbagai fasilitas baru yang istimewa dan lebih terintegrasi, dari mulai steering wheel, combination meter, integrated 2 DIN CD, AC switch, hingga warna interior. Maka siapa pun bakal betah berada di dalamnya.

Tambahan Fitur
Yang tak kalah pentingnya, ruang kabin dan bagasi New Rush lebih lapang dan bisa disesuaikan untuk kebutuhan berkendara.

Tak cuma itu. Guna mengoptimalkan kenyamanan, TAM menambah beberapa fitur, misalnya steering switch, corner sensor, dan electric power steering (EPS).

“New Rush hadir untuk menjawab tantangan mereka yang aktif dan dinamis. Berbagai fitur baru ditambahkan untuk memberikan tampilan dan performa lebih tangguh. Mobil ini memang dibuat untuk mengarungi berbagai tantangan,” papar Johnny Darmawan.

Fitur-fitur keselamatan Toyota Rush tergolong komplit. Salah satunya adalah fasilitas anti-lock breaking system (ABS), yaitu sistem pengereman yang efektif guna mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak atau di jalan licin.

Toyota New Rush juga dilengkapi airbag, sehingga mobil ini aman dikendarai dalam kondisi apapun. Selain itu, New Rush dilengkapi rear dan corner parking sensor untuk memberikan kemudahan saat parkir. Agar lebih nyaman, New Rush mendapat setting suspensi yang lebih optimal.

Toyota New Rush hadir dengan empat pilihan tipe, yaitu S A/T, S M/T, G A/T, dan G M/T serta pilihan warna baru, yakni white, maroon mica metallic, champagne metallic, dan dark grey. Warna-warna tersebut melengkapi pilihan warna sebelumnya, yaitu silver mica metallic dan black mica.

Harga Naik
Bagaimana dengan urusan banderol? Harga Toyota New Rush semua tipe ternyata bakal dinaikkan sekitar Rp 2,5 juta. Itu dilakukan TAM bukan karena beberapa perubahan bagian eksterior dan interiornya.

“New Rush juga akan dibuat lebih irit bahan bakar lewat pengaturan EPS yang berfungsi meningkatkan kontrol terhadap kemudi dan mengurangi beban mesin,” ujar Direktur Marketing TAM Djoko Trisanyoto.


Siapkan Mobil Ramah Lingkungan
Diam-diam, Toyota sedang menyiapkan produk otomotif dengan konsep baru yang lebih go green alias ramah lingkungan. Konon, untuk mewujudkan rencana itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal mengadopsi material ramah lingkungan.

“Ke depan, kami concern ke sana. Tapi material yang akan diadopsi tentu mesti diuji coba terlebih dahulu,” kata Djoko Trisanyoto, direktur Marketing TAM, di Jakarta, Rabu (6/10).

Bagian mana saja yang bakal mendapat sentuhan go green? Itu yang masih dirahasiakan Toyota. (rad)

sumber: www.toyota.astra.co.id

0 comments:

Posting Komentar

 
TOYOTA JOGJA. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.