Senin, 08 November 2010

Lincah Di Gunung Batur - AutoCar

Release Date : Selasa, 02 November 2010

Media : AutoCar, at page 38-39, size 1650 mmk
Journalist : Kusnadi
Source : Leonard Johanes, Section Head-EDER II Section Technical Warranty Department Technical Service Division TAM; Anton Jimmi Suwandi, Department Head Communication Department Marketing Planning and Costumer Relation Division TAM

Apakah New Rush kian menyenangkan diajak berpetualang?

PULAU Bali kali ini menjadi lokasi pembuktian ketangguhan New Toyota Rush. Pada 13-15 Oktober, kami ditantang PT Toyota Astra Motor (TAM) - ATPM Toyota untuk merasakan keandalan performa baru Rush, yang diklaim membuatnya kian nyaman dikendarai di berbagai medan jalan.

Desain anyar Rush terlihat lebih tangguh ketimbang pendahulunya. Beberapa sentuhan segar dihadirkan pada grille baru, garis tegas pada bumper depan dengan tambahan lower bumper, serta aplikasi sepasang lampu kabut yang kini berbentuk bulat. Adapun di bagian belakang, Rush masih bergaya tradisional SUV (sport utility vehicle) yang menggendong ban cadangan. Saat ini, dimensi New Rush lebih panjang 15 mm menjadi 4.420 mm. Sedangkan lebar dan tingginya tetap.

Beralih ke kabin, kini ada sentuhan berbeda di sana. Lingkar kemudi baru berdesain tiga bilah telah diimbuhi pengontrol audio. Di dashboard, terutama di konsol tengah, desainnya diubah. Begitu pula tuas perpindahan gigi kini berdetail krom, kisi penyejuk kabin lebih lebar, dan setelan penyejuk ruangan dipermanis dengan krom. Konsol boks juga tersedia sebagai tempat penyimpanan, bahkan penumpang belakang bisa menaruh minuman di sana.

Berada di depan kemudinya, kami akui,pengendalian New Rush begitu mantap saat meliuk-liuk di tikungan tajam menuju Gunung Batur, Bali. Ternyata kemudi power steering yang sebelumnya menggunakan sistem hidraulik kini memakai electric power steering (EPS). Hal ini berpengaruh besar terhadap kelincahan Rush saat bermanuver. Adapun Rush memiliki radius putar 4,9 meter, dan termasuk praktis di kelasnya.

"Lingkar kemudi menjadi lebih ringan saat bermanuver di parkiran, namun saat kecepatan tinggi, pergerakan lingkar kemudi akan menjadi sedikit lebih berat. Hal ini agar Rush semakin mudah dikemudikan dan tak liar saat melaju di kecepatan tinggi," promosi Leonard Johanes, Section Head-EDER II Section Technical Warranty Department Technical Service Division TAM.

Dengan dipensiunkannya sistem kemudi hidraulik, kini New Rush memiliki bobot yang lebih ringan 40 kg ketimbang pendahulunya. "Hal inilah yang membuat Rush lebih irit bahan bakar hingga 6%," klaim Anton Jimmi Suwandi, Department Head Communication Department Marketing Planning and Costumer Relation Division TAM.

Pihak TAM tak menampik bahwa mesin 4 silinder DOHC,VVT-i, berkapasitas 1.495 cc yang diusung Rush ini tidak mengalami penyempurnaan. Mereka yakin komposisi tenaga 109 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 rpm tetap membuat Rush menyuguhkan performa yang memadai.

Melahap jalur alternatif menuju kawasan Gunung Batur, suspensi Rush terbaru ini begitu berbeda dari pendahulunya. Kini redamannya tak terlalu keras menginterupsi kabin seperti pendahulunya. "Kami telah menyempurnakan seluruh sistem suspensi agar redamannya menjadi lebih lembut, tapi tak membuatnya menjadi limbung saat menikung cepat," jelas Anton.

Mendukung New Rush makin jinak dikendarai, untuk tipe S MT fitur standarnya termasuk ABS (anti-lock braking system) dan EBD (electronic brakeforce distribution). Bahkan, saat berada di daerah sempit, sensor pojok dan sensor parkir membantu pengemudi saat melakukan parkir.

Cukup wajar bila harga Rush dibanderol lebih mahal Rp 2,5 juta dibanding pendahulunya. Selain mempersegar tampilannya, banyak fitur baru disematkan pada New Rush, mulai dari sensor pojok dan parkir, audio double din CD, kontrol audio di lingkar kemudi, anti-jam power window, konsol boks, dan spion di kiri bonnet. Bahkan, fitur EPS dan racikan suspensi anyar membuatnya kian andal dikendarai di berbagai medan jalan.

DATA & FAKTA
TOYOTA RUSH S MT

Mesin : 3SZ-VE,4-Silinder, 1495cc,D0HC,WT-i
Tenaga : 109 hp @ 6.000 rpm
Torsi : 141 Nm@ 4.400 rpm
Suspensi depan : MacPherson strut dengan pegas koil dan stabilizer
Suspensi belakang : 4-link dengan pegas koil dan lateral rod
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Drum
Velg : 235/60 R16
Dimensi (PxLxT) : 4.420 X 1.745 X 1.740 mm
Wheelbase : 2.685 mm

0 comments:

Posting Komentar

 
TOYOTA JOGJA. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.