KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - New Corolla Altis sudah diperkenalkan Toyota di Indonesia saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, 23 Juli lalu. Saat itu hanya dijelaskan, model ini menggunakan teknologi terbaru, yaitu Double Variable Valve Timing-intelligent (DVVT-i) dan transmisiContinuously Variable Transmission-intelligent(CVT-i) atau disebut Toyota dengan Super CVT.
Ternyata, perubahan lebih lengkap baru diketahui, saat Toyota Motor Asia Pacific Singapura, pada 1 September kemarin mengundang wartawan otomotif dari negara-negara ASEAN untuk mencobanya di Sirkuit, Sepang, Malaysia dalam event “The New Corolla Altis Test Drive Experience 2010”.
Keuntungan mesin dengan teknologi baru ini langsung dijelaskan oleh Chief Engineer Corolla dari Jepang, Michihiko Sato kepada wartawan dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam. Dari Indonesia, Toyota mengundang 7 media, yaitu KOMPAS.com, Harian KOMPAS, Bisnis Indonesia, Antara, Tabloid Otomotif, Autobild dan Autocar.
Lebih Besar
Menurut Michihiko Sato, performa mesin sekarang ini meningkat, baik tenaga, torsi maupun konsumsi bahan bakar. Sebagai contoh, untuk Altis 2.0 liter, tenaganya mesin naik dari 104 kW menjadi 107 kW, namun diperoleh pada putaran lebih tinggi. Untuk torsi, turun dari 189 Nm menjadi 187 Nm namun diperoleh pada putaran lebih rendah. Tujuannya, selain meningkatkan akselerasi, juga agar konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.
Berdasarkan hasil pegujian Toyota, konsumsi bahan bakar semula 12,8 km/liter, kini menjadi 14,7 km/liter atau lebih irit 15 persen. Untuk mesin 1.8 liter terjadi peningkatkan tenaga dan torsi yang lebih besar (lengkapnya lihat tabel).
Sato tidak hanya menjelaskan kelebihan DVVT-i yang diombinasikan dengan teknologi transmisi Super CVT-i otomotis juga memberi kesempatan menguji akselerasi, penggereman, perpindahan gigi, stabilitas dan kenyamanan mobil ini. Di samping itu membandingkan dengan Altis lama, baik 2.0 liter (bukan CVT) maupun 1.8 liter yang telah dilengkapi dengan DVVT-i dan Super CVT-i.
Dijelaskan pula, tujuan untuk menggunakan CVT, agar Corolla Altis memberikan kenyamanan lebih baik sebagai mobil yang digunakan setiap hari. Di samping itu, tentu saja membuat mobil ini menjadi lebih irit. Maklum perpindahan gigi CVT berlangsung stepless atau progresif.
Model | Lama | Baru | Lama | Baru |
2.0 liter | 1,8 liter | |||
Tipe mesin | 3ZER-FE | 3ZER-FE ACIS | 1ZZ-FE | 3ZR-FE ACIS |
Kontrol mesin | Dual VVT-i | Dual VVT-i | VVT-i | Dual VVT-i |
Transmisi | 4A/T | CVT-7 percepatan | 4A/T atau Manual 5 speed | CVT atau Manual 6-speed |
Tenaga maks kW @rpm | 104 @5.600 | 107 @6.200 | 97 @6.000 | 103 @6.400 |
Torsi maks Nm @rpm | 189 @4.400 | 187@3.600 | 170 @4.200 | 173 @4.00 |
ACIS: Acoustic Control Induction System
Sumber : kompas.com
0 comments:
Posting Komentar