Jakarta, KompasOtomotif - Pencapaian luar biasa
Toyota sebagai pemimpin pasar mobil nasional di 2012 kian lengkap oleh
penghargaan "Top Brand Award" kepada 3 produk andalannya, yakni Avanza
dan Innova yang merajai di segmen MPV serta Yaris di kategori city car.
Prosesi penganugerahan berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, kemarin
(4/2).
Prestasi ini mempertegas dominasi Toyota di segmen MPV yang merupakan
tulang punggung industri otomotif Indonesia. Avanza menutup 2012 dengan
menguasai pangsa pasar 49,4 persen di low MPV, sedang Innova
72,2 persen medium MPV. Di luar dugaan, Yaris menorehkan tinta hijau
yang untuk pertama kali meraih penjualan tertinggi dan memimpin pasar di
kategori 4x2 mobil kompak dengan pencapaian 37,2 persen.
“Sebuah awal yang baik bagi kami, tentunya juga sebagai percikan
semangat untuk terus menghasilkan sesuatu yang lebih baik ke depannya.
Toyota bersyukur bahwa pencapaian ini memperoleh pengakuan dari berbagai
pihak, khususnya Top Brand Index dan para pelanggan setia Toyota.
Semoga ini merupakan sebuah pijakan untuk meraih hasil yang lebih baik,
khususnya tahun 2013,” ucap President Director PT. Toyota Astra Motor,
Johnny Darmawan.
Keberhasilan Avanza, Kijang Innova, dan Yaris mengulang sukses tahun
sebelumnya dengan pencapaian yang sama. Toyota sebelumnya juga sudah
meraih beberapa penghargaan seperti ISCA untuk kategori otomotif (2009)
dan Avanza di kategori MPV (2011). Tahun lalu, Toyota meraih Best
Innovation & Improvement Aftersales Service dari Otomotif Award dan
juga The Best of Indonesia Service to Care Champion 2012 dari
Marketeers, serta Superbrand Award 2012.
Dalam Top Brand Award 2013 ini, hasil terbaik berupa Top Brand Index
(TBI) diraih Toyota setelah melalui tahapan survey nasional terhadap
sekitar 4.200 konsumen Indonesia. Selama 14 tahun eksistensinya, TBI
telah menjadi index yang paling terpercaya dalam menilai sebuah merek
dan mereka memanfaatkan persepsi pasar akan dimensi sebuah merek, yaitu
dimensi Mind Share yang merefleksikan kekuatan merek di benak konsumen,
dimensi Market Share yang merefleksikan kekuatan merek di dalam
persaingan pasar, dan dimensi Commitment Share yang merefleksikan
kekuatan merek dalam hati konsumen.
Sumber: kompas.com
0 comments:
Posting Komentar