Minggu, 22 Agustus 2010

Toyota Konsisten Meningkatkan Kualitas Layanannya

Kompas.com/Zulkifli BJ
Pimpinan TAM, menerima trophy CSI After Sales Service tertinggi 2010 dari J.D Power. Dari Kiri: Joko Trisanyoto, Hideyuki Imai, Johnny Darmawan dan Rajeev Nair J.D.Power


Sumber : kompas.com
JAKARTA, KOMPAS.com
– Toyota berhasil memperoleh Customer Service Index (CSI) tertinggi 2010 karena konsisten meningkatkan kualitas layanannya. Demikian pernyataan, Rajeev Nair, Country Manager, J.D.Power Asia Pacific, Singapura, semalam di hotel Mulia, Jakarta ketika menyerahkan trophy CSI tertinggi tahun ini kepada Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan.

Tahun lalu, Toyota berada di peringkat #2, di bawah Honda. Namun tahun ini, terjadi perubahan cukup mencolok. Toyota selain kembali peringkat atas, juga memperoleh nilai lebih tinggi dibanding peringkat #1 tahun lalu.

Jika tahun lalu, nilai tertinggi 751, diperoleh Honda, tahun ini naik menjadi 758 poin. Sementara Honda, salah satu merek yang punya image hebat di Indonesia, peringkat CSI-nya justru drop ke posisi ke-5 dari 9 merek yang disurvei oleh J.D. Power di Indonesia.

Menurut Rajeev, perusahaannya juga melakukan studi terhadasp merek seperti BMW, Chevrolet, Mitsubishi, Mercedes-Benz dan Proton. “Tetapi karena jumlah sampel kecil, tidak dimasukkan ke dalam peringkat,” jelas Rajeev.

Survei langsung dilakukan terhadap pelanggan dari merek-merek mobil yang dipasarkan di Indonesia. Sedangkan konsumen atau pemakai mobil yang disurvei berada di wilayah DKI, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

“Kepuasan pelanggan merupakan kriteria utama Toyota menjalankan bisnisnya. Kami kaget dinyatakan memperoleh peringkat tertinggi tahun ini. Kami menilai, inilah adalah apresiasi pelanggan terhadap yang apa telah kami berikan ketika mereka datang ke bengkel Toyota. Apalagi yang menilai adalah lembaga independen,” komentar Johnny Darmawan, menanggapi hasil penilaian J.D. Power terhadap CSI di Indonesia khusus produk otomotif.

0 comments:

Posting Komentar

 
TOYOTA JOGJA. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.