Jumat, 27 Agustus 2010

Perlengkapan Tambahan Kala Mudik

KOMPAS.com — Jika kondisi mobil sudah diservis, kalau memang ada anggaran lebih, tak ada salahnya tambah perlangkapan yang sifatnya tidak menyita ruang bagasi. Justru sebaliknya, bikin ruang bagasi atau kabin bertambah lega.

Tak cuma itu, selama perjalanan, kebugaran fisik terjaga, waktu tidak terbuang berkat perlengkapan tambahan yang dibawa. Apa saja itu?

Rangka roof rack
Bila perjalanan mudik membawa banyak keluarga, dipastikan barang bawaan juga banyak. Paling tidak koper pakaian dan oleh-oleh. Sangat berbahaya jika ditaruh di atas atap dan hanya diikat pakai tali tanpa ada pegangannya.

Nah, kalau bagian atas mobil masih gundul, bisa dikasih roof rack. Fungsinya, untuk menaruh barang seperti kardus, koper, dan barang lainnya. Tersedia roof rack aftermarket dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 3,5 juta. Ada yang terbuat dari bahan steel atau aluminium.

Roof box
Kalau sudah memakai (ada) roof rack, bisa dipasang bagasi tambahan (roof box). Modelnya beragam, termasuk juga volumenya, mulai dari yang 310 liter sampai 420 liter (untuk merek Hapro). Semua tergantung merek. Harganya pun dari yang terendah Rp 3,6 juta sampai Rp 12 juta.

Cool box
Perjalanan mudik yang bersamaan dengan puasa tentu menguras fisik. Memang, sedikit lebih ringan jika dilakukan malam hari, tapi haus tak bisa terelakkan.

Nah, daripada harus berhenti-berhenti untuk membeli minuman, tak ada salahnya dibekali dengancool box. Tak usah ukuran yang besar, tapi ukuran 50 cm x 30 cm yang bisa memuat sekitar 10 sampai 15 kaleng minuman.

GPS
Kalau mau lancar perjalanan atau mengubek-ubek kota tanpa menyasar, bisa bawa global positioning system (GPS). Di situ bisa diketahui, selain rute perjalanan, juga pompa bensin, ATM, ataupun restoran. Harganya bervariasi antara Rp 2 juta sampai Rp 4 juta. (Angga Raditya)

Sumber : kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

 
TOYOTA JOGJA. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.